Minggu, 03 Juli 2011

MACAM - MACAM JARINGAN KOMPUTER


Dilihat dari teknologi yang digunakan dan luas area geografi yang dicakupnya,maka secara umum jaringan komputer dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu ;

1. Local Area Network (LAN)

Adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran.Umumnya dimiliki oleh perusahaan organisasi tertentu. LAN digunakan untukmenghubungkan komputer-komputer yang ada dalam gedung atau kantor tersebut.LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik-pabrik dapat menggunakansumber daya (resource), misalnya printer secara bersama-sama. Selain itu LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunikasi dan salingtukar informasi.Komputer-komputer terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarakbeberapa kilometer, bahkan kebanyakan LAN digunakan untuk menghubungkankomputer-komputer yang terdapat dalam satu gedung.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang labihbesar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yangletaknya berdekatan. Misalnya saja kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalamsatu kota dapat dihubungkan melalui MAN. Hal ini dibuat untuk tujuan berbagi dataantara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalnya kantor Dinas Pajak dapatberbagi data dengan kantor Dinas Pertanahan. MAN dapat dimanfaatkan olehpemerintah dan swata. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapatberhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Netwok (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yangsangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah negara ataubahkan benua.

4. Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang dapatmencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung kesemua komputer yang ada di dunia yang juga telah terhubung ke internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)

Jaringan tanpa kabel atau lebih sering disebut jaringan nirkabel (Wireless Network) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untukmenghubungkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar