Minggu, 03 Juli 2011

PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET


Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar, namun berbeda dengan jaringan komputer yang berada pada sebuah gedung, misalnya kantor, sekolah,universitas, dan sebagainya. Untuk dapat terhubung ke internet sebuah komputermembutuhkan beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah ;

1. Telepon

Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internetkarena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem.

2. Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Demulator. Modem berfungsi untukmengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubahsinyal analog menjadi sinyal digital. Pada saat sebuah komputer mengirimkan datake internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadisinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Padasisi penerima, modem akan merubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyaldigital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut.Dengan cara ini modem membuat dua buah komputer dapat berkomunikasi satusama lain melalui jaringan kabel telepon.

3. Perangkat lunak (Software)

Pada bagian sebelumnya telah diperkenalkan aplikasi-aplikasi internet yangdapat kita manfaatkan.Masing-masing aplikasi internet tersebut hanya dapat dijalankan apabila komputeryang kita gunakan mempunyai perangkat lunak untuk mejalankan aplikasi tersebut.Berikut ini adalah contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet :a. Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Netscape Navigator adalah perangkatlunak browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi WWW.b. Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankanaplikasi FTP.c. mIRC, Yahoo Messenger, google Talk, dan ICQ adalah program untukmenjalankan chatting.d. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi E-mail.

4. Internet Service Provider (ISP)

Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus terdaftar menjadi pelanggansebuah penyedia jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).Dengan menjadi pelanggan dari ISP yang ada di daerah kita, maka kita hanyamembayar pulsa telepon lokal. Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP, kita akandiberikan sebuah User Name dan Password yang akan kita gunakan setiap kalimengakses internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar