Minggu, 03 Juli 2011

Berbagai Macam Aplikasi Internet



Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan akan terusbertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet inikemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis,media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet,beberapa yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat antara lain :
  1.  Word Wide Web (WWW)
World Wide Web Atau WWW merupakan aplikasi yang paling banyakdigunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Hal ini disebabkan aplikasiWWW dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. WWW adalah dokumen-dokumeninternet yang tersimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumenweb tersebut dibuat dengan format Hypertext dan Hypermedia  dengan menggunakan Hypertext Mark-Up Language (HTML) yang mempunyai kemampuanuntuk menghubungkan (Link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.Dokumen yang dibuat dengan HTML Link tersebut dapat memuat teks, gambar,animasi, audio, dan juga video.

2. Electronic Mail (E-Mail)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasisurat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim E-mail sama artinya denganmengirim sebuah surat, kita dapat bercerita, mengirimkan pesan atau apa saja.Lewat E-mail kita dapat juga mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.E-mail merupakan alat komunikasi yang sangat mudah dan cepat, karenapengiriman dokumen kita ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah.Seperti yang sudah disinggung di atas, komunikasi dengan menggunakan internetdilakukan dengan cepat sehingga E-mail akan sampai sesaat setelah dikirim.

3. Mailing List (Milis)

Mailing List atau juga sering disebut milis adalah aplikasi internet yangdigunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompokmelalui E-mail. Setiap E-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirim keseluruhalamat E-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.Milis sebenarnya bentuk lain dari E-mail, fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milismempunyai sifat yang sama dengan E-mail.

4. Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satudengan yang lain dalam sebuah forum. Para anggota forum Newsgroup mempunyaikepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik tertentu.Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa media multimedia (audio-visual)dengan menggunakan fasilitas video conferencing, ataupun text saja atau text danaudio dengan menggunakan fasilitas Chat (IRC).
Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orangbebas menempelkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabungdalam kelompok tersebut. Newsgroup memungkinkan kita untuk menyampaikaninformasi dengan cara yang cepat kepada orang-orang yang tergabung dalamkelompok kita.

5. Internet Relay Chat (IRC)

IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap melaluiinternet, yang dikenal dengan istilah Chatting. Chatting dilakukan dengan caramengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita, kemudianmengirimkannya dalam bentuk teks. Melalui chatting kita dapat berkenalan danbercerita dengan orang lain di belahan dunia lain.

6. File Transfer Protocol (FTP)

File Transfer Protokol yang sering disingkat dengan FTP adalah aplikasiinternet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari ataupun kekomputer lain dengan kecepatan transfer yang tinggi.FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil arsip file atauserver di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagaiarsip atau file. File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internetyang membutuhkannya.File ini bisa berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal, dan lain-lain. FTP jugadipergunakan untuk meng-Upload file materi situs (homepage) sehingga biardiakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.

7. Telnet

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses informasi darikomputer yang letaknya jauh. Telnet dapat kita gunakan apabila kita telahmempunyai alamat IP (IP Address) dari computer yang akan diakses dan kita jugamempunyai hak akses (User ID Password).

8. Gopher

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada diinternet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untukmendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri denganGopher server yang ada di internet.

9. Ping

Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untukmengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan(terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukandengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar